Tampang Ya, Bakat Yes

August 11, 2009 11:24 am

Sederet rangkaian kegiatan dalam rangka Pemilihan Abang & Mpok Depok 2009 harus diikuti oleh seluruh finalis. Kali ini, para finalis diwajibkan untuk menampilkan kemampuan dan bakatnya masing-masing dalam acara yang bertajuk talent show di Depok Town Square, Sabtu (8/8) pukul 16.00 WIB. Ajang bakat ini bertujuan untuk menggali bakat-bakat terpendam para finalis sekaligus sebagai ajang pemanasan dan membiasakan para finalis untuk tampil di depan publik sebelum malam final digelar.

Talent show tahun ini dibuka dengan fashion show dan dilanjutkan dengan pertunjukan bakat oleh seluruh finalis Abang & Mpok Depok 2009. Bakat-bakat yang ditampilkan oleh para finalis tahun ini lebih bervariasi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Para finalis unjuk kemampuan mereka dalam bentuk tarian tradisional, musikalisasi puisi, pencak silat, menyanyi, speech, storytelling, ngelenong, melukis, hingga memasak. Salah satu finalis Mpok Depok 2009, Yuanita Desty, mengungkapkan bahwa pada talent show ini ia memilih untuk menampilkan theatrical “Hutanku Jiwaku” karena ingin menyampaikan keresahannya tentang kondisi alam saat ini melalui kemampuan acting yang pernah dipelajarinya.

Dewan juri pada talent show ini terdiri dari 3 juri, yakni Syahrudin (pelaku seni dan budaya Kota Depok), Ryan Hasyim (pelaku hiburan, show director, dan pemilik event organizer), dan Asri Aldina (Mpok Depok 2008). “Kriteria penilaian ada 4, meliputi bakat apa yang mereka punya, seberapa jauh mereka menguasai bakat mereka, penguasaan panggung, dan komunikasi verbal kepada penonton,” tutur Asri Aldina.

Setelah 4 jam acara bergulir, dewan juri langsung memilih pemenang Abang & Mpok Depok Berbakat 2009 yang jatuh pada Abang Gilang Ramadhan yang menampilkan drama musikal betawi dan Mpok Okymiranda S. yang bercerita tentang cerita rakyat “Timun Mas” dalam bahasa Inggris. “Bakat lahir melalui proses, penularan, compile, dan latihan. Bakat bisa didapat dari penularan atau individu sendiri, tetapi harus dikembangkan,” kata Syahrudin, salah satu dewan juri, saat mengumumkan pemenang.

Salah satu penonton mengungkapkan bahwa acara seperti ini sangat menarik. Depok memang harus punya anak-anak muda yang bisa mempromosikan Kota Depok. “Secara keseluruhan anak-anak muda ini mempunyai bakat yang menarik dan ciri khasnya masing-masing,” tambah Erlita, warga Depok yang sekaligus pendukung salah satu finalis. Budi Dharma, salah satu penonton, mengatakan dengan adanya acara talent show ini bisa membuktikan bahwa Abang & Mpok itu tidak hanya bermodalkan tampang, tetapi memiliki sesuatu (bakat–red) yang bisa ditampilkan.

Para finalis selanjutnya akan dikarantina mulai 12–14 Agustus 2009 di Sawangan Golf & Resort. Sesuai agenda, pada hari terakhir, Jumat (14/8), finalis akan melakukan city tour dengan rute Masjid Kubah Emas, Kampung 99 Pepohonan, dan Rumah Keramik F. Widayanto. Keesokan harinya, Sabtu (15/8), akan digelar Malam Final Pemilihan Abang & Mpok Depok 2009 mulai pukul 18.30 WIB bertempat Ballroom Hotel Bumi Wiyata, Depok.

Talent Show Abang & Mpok Depok 2009 di Depok Town Square

Talent Show Abang & Mpok Depok 2009 di Depok Town Square

Dewan Juri Talent Show Abang & Mpok Depok 2009 di Depok Town Square

Pemenang Abang & Mpok Depok Berbakat 2009

0 comments