Fikri dan Adita, Abang & Mpok Depok 2013

July 8, 2013 8:13 am

Pemenang-Abang-Mpok-Depok-2013

Fikri Zaki Ryanto (Abang Fikri) dan Adita Maya Safira (Mpok Adita) dinobatkan sebagai Abang & Mpok Depok 2013 pada Malam Grand Final Pemilihan Abang Mpok Depok (AMD) 2013, bertempat di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Sabtu 6 Juli 2013. Suka cita terpancar jelas diraut wajah keduanya saat Abang & Mpok Depok 2012 menjemput keduanya dari barisan para finalis. “Saya sangat bersyukur karena apa yang sudah saya lakukan mulai dari proses audisi, pembekalan, karantina hingga saat ini mendapatkan hasil yang terbaik,” ungkap Mpok Adita.

Kemenangan ini mengantarkan Abang Fikri dan Mpok Adita mewakili Kota Depok dalam Pemilihan Duta Budaya & Pariwisata “Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat”. “Target saya, saya akan juara,” imbuh Abang Fikri. Keduanya berhasil menyisihkan empat belas pasang finalis lainnya yang sejak akhir Mei lalu telah mengikuti serangkaian kegiatan AMD 2013.

Abang Fikri mengaku, belajar yang giat dan tekun mengikuti kegiatan merupakan kunci sukses memenangkan kompetisi ini. Selama mengikuti rangkaian kegiatan AMD 2013, mahasiswa Sastra Inggris STBA LIA ini mendapat dukungan penuh dari keluarga. “Kita helpful banget, cuma berharap kuliahnya tidak terganggu,” aku Mustofa Kamal, ayahanda Abang Fikri, yang menyambut bahagia atas kemenangan yang diraih putranya.

Bagi Mpok Adita, proses pembekalan AMD 2013 menjadi bagian yang paling menantang. Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran ini harus merelakan sebagian waktunya habis di perjalanan. “Saya yang domisilinya di Jatinagor harus bolak-balik Jatinangor-Depok.” Menanggapi hal ini, Rita Kusmiati, ibunda Mpok Adita, mengaku bahwa putrinya memang punya semangat yang tinggi dan mandiri. “Dia naik bus dari Jatinangor, tidak mau naik (mobil) travel,” imbuh Rita, “kita jemput pukul 6 sore di Pasar Rebo, lalu langsung ke Depok.”

Ajang duta pariwisata Kota Depok yang sudah dimulai sejak 2002 ini mendasarkan penilaiannya pada tiga aspek besar: beauty, brain, dan behavior. “AMD merupakan upaya memfasilitasi para pemuda untuk menggali potensi di wilayah Depok,” kata Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il dalam sambutannya. Para Abang & Mpok Depok yang terpilih nantinya menjadi mitra Pemkot Depok dalam mensosialisasikan informasi di berbagai bidang, khususnya sektor pariwisata.

Selama proses penjurian sejak akhir Mei lalu, 30 finalis AMD 2013 diuji pengetahuannya dalam lima bidang: ilmu politik dan pemerintahan; pengetahuan pariwisata, seni, dan budaya; pengetahuan umum; psikologi dan kepribadian; dan kemampuan berbahasa asing. Menurut Ketua Dewan Juri Rini Hildayani, setiap finalis menunjukkan kemajuan dari hari ke hari, sejak seleksi sampai malam final. “Saya pikir semua (finalis) AMD 2013 baik,” ungkap Rini menjelang pengumuman.

Pemilihan AMD 2013 juga menetapkan kategori baru: Duta Mahasiswa Kota Depok, yang dimenangkan oleh Samuel Pablo (Abang Pablo) dan Alifah Shabrina (Mpok Alifah). Selain dihadiri jajaran pemerintahan Kota Depok, Malam Grand Final AMD 2013 juga dimeriahkan oleh duta-duta wisata dari kota dan provinsi tetangga. Beberapa di antaranya akan menjadi kompetitor Abang dan Mpok Depok di Pasanggiri Mojang Jajaka 2013

Berikut ini daftar Juara AMD 2013.

Juara 1 Abang & Mpok Depok 2013:
Fikri Zaki Ryanto (Kec. Cimanggis) dan Adita Maya Safira (Kec. Tapos)

Wakil 1 Abang & Mpok Depok 2013:
Gita Widhasmara (Kec. Pancoran Mas) dan Aria Lusy Hermawati (Kec. Cilodong)

Wakil 2 Abang & Mpok Depok 2013:
Naufal Achmad Umair (Kec. Beji) dan Santi Hapsari Paramitha (Kec. Cimanggis)

Duta Mahasiswa Kota Depok:
Samuel Pablo (Kec. Beji) dan Alifah Shabrina (Kec. Beji)

Abang & Mpok Depok Favorit 2013:
Yugo Mantias Nurcahyo (Kec. Cilodong) dan Eka Kurniasih (Kec. Limo)

Abang & Mpok Depok Berbakat 2013:
Jaya Katwang Mabuchi (Kec. Sukmajaya) dan Kartika Ratu (Kec. Pancoran Mas)

Abang & Mpok Depok Persahabatan 2013:
Pangeran Muhammad Amir (Kec. Beji) dan Ratih Andaruni (Kec. Tapos)

0 comments

Trackbacks

  1. […] pengumuman pemenang Pemilihan Abang & Mpok Depok 2013 yang telah diselenggarakan pada 6 Juli 2013 di Hotel Bumi Wiyata […]